Perbedaan Kulit Asli dan Kulit Sintetis pada Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
9 months ago
Perbedaan Kulit Asli dan Kulit Sintetis pada Sepatu Safety

Dalam hal sepatu safety, bahan pembuatnya adalah bagian besar dari seberapa baik sepatu bekerja, berapa lama sepatu bertahan, dan seberapa aman sepatu. Di pasaran, orang sering memilih antara kulit asli dan kulit sintetis. Meskipun mereka mungkin terlihat sama secara kasat mata, namun berbeda. Dalam artikel ini, kami akan memberitahu perbedaan antara kulit asli dan kulit sintetis.

Apa itu Kulit Asli ? 

Kulit binatang seperti sapi, kerbau ,dll digunakan untuk membuat kulit ini, yang merupakan bahan alami. Kulit ini telah digunakan selama ratusan tahun karena kuat, fleksibel, dan terlihat sangat bagus untuk sepatu safety. Kulit ini berbeda dengan kulit sintetis karena memiliki kualitas tersendiri. Contoh dari kulit ini adalah kulit full grain, kulit top grain, kulit split, dll.

Kulit ini memiliki kekurangan seperti kerutan, pola grain, dan pori-pori yang merupakan bagian dari tampilan alaminya. Rasanya lembut saat Anda menyentuhnya dan dibandingkan dengan kulit palsu, permukaannya seringkali lebih tidak rata dan kasar. Kulit ini juga memiliki bau kulit yang biasa Anda temukan, tentunya itu aroma yang tidak asing, bau ini juga sulit untuk ditiru.

Kulit juga mendapatkan patina yang indah dari waktu ke waktu yang memamerkan kualitas dan kedalamannya yang unik. Kulit juga akan ada proses penuaan membuatnya terlihat lebih baik dan seringkali memberikan tampilan yang lebih keren dan elegan.

Apa itu Kulit Sintetis ?

Kulit ini biasa disebut juga kulit palsu atau kulit buatan, adalah bahan yang dibuat orang agar terlihat dan terasa seperti kulit asli. Biasanya terbuat dari microfiber, poliuretan (PU), dan polivinil klorida (PVC). Kulit ini memiliki beberapa keunggulan, tetapi kualitas alaminya tidak seperti kulit asli.

Kulit ini terlihat lebih konsisten dan seragam daripada kulit lain. Kulit sintetis juga tidak memiliki variasi dan kekurangan alami seperti kulit asli.Bau dari kulit ini tidak seperti kulit asli, kulit ini mungkin memiliki bau kimia karena bahan dan proses manufaktur yang digunakan. Namun bau ini cenderung menghilang seiring berjalannya waktu.

Ketahanan dari kulit ini tidak sekuat kulit asli, kulit ini seringkali lebih gampang aus dan sobek tetapi biasanya kulit ini memiliki fitur water resistant. Kulit ini juga lebih murah, yang menjadikannya bahan yang populer untuk sepatu safety kualitas rendah.

Cara Membedakan Kulit Asli dan Kulit Sintetis pada Sepatu Safety

Setelah kami membahas kedua kulit tersebut, mari kita bahas cara membedakan kedua kulit.

  1. Label

    Yang pertama Anda bisa lakukan adalah melihat kemasan atau label pabrikan. Label pada sepatu safety kulit asli biasanya ada tulisan “real leather” atau “genuine leather”, namun tidak semua ada. Tulisan pada sepatu kulit sintetis biasanya "man-made" atau "sintetis". Tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengetahui sepatu terbuat dari kulit apa.

  2. Bau

    Kedua, bau alami yang dari kulit asli seringkali merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah itu asli atau tidak.

  3. Daya Tahan Bakar

    Ketiga, Anda bisa mengecek dengan mencoba membakar sedikit jika kalian mau, karena akan merusak kulit sepatu. Kulit asli akan tahan terhadap api, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk terbakar. Sebaliknya, Kimia dalam bahan sintetis menyebabkannya meleleh dan terbakar lebih cepat.

  4. Harga

    Keempat, Anda bisa melihat pada harga sepat safety tersebut, karena jika sepatu dengan kualitas tinggi juga akan jual dengan harga yang tinggi. Harga sepatu safety kulit asli akan jauh lebih mahal dari sepatu safety kulit sintetis. Oleh karena itu, jika kulit asli dapat dibeli dengan harga yang sangat murah, atau bahkan lebih murah dari kulit sintetis, Anda patut mencurigainya.

  5. Konsultasi dengan Para Ahli

    Yang terakhir Anda bisa berkonsultasi dengan sang ahli karena pengetahuan mereka tidak diragukan lagi. Ini dilakukan jika Anda yang masih bingung perbedaan kulit asli dan kulit sintetis. Berkonsultasi dengan ahli seperti contoh dengan produsen, sales, atau ahli dalam produk kulit. Mereka dapat memberi Anda arahan khusus dan menjawab pertanyaan atau keraguan apa pun yang mungkin Anda miliki.

  6. Daya tahan

    Untuk pengecekan ini tidak bisa di tes dengan waktu yang cepat karena Anda harus menggunakannya terlebih dahulu dalam beberapa minggu atau bulan untuk mengetahui hasilnya. Kulit sintetis memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki daya tahan yang tinggi, membuatnya tidak tahan terhadap keausan bahkan setelah bertahun-tahun digunakan, sedangkan kulit asli tidak

Nah itu perbedaan antara kulit asli dan kulit sintetis pada sepatu safety. Saat memilih sepatu safety, sangat penting untuk Anda tahu cara membedakannya dengan hati-hati dan kulit asli maupun kulit sintetis memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Pastikan Anda memilih bahan terutama kulit yang asli untuk memenuhi kebutuhan Anda akan performa, kenyamanan, dan daya tahan. Untuk Anda yang mencari sepatu safety yang menggunakan kulit asli full grain, bisa menghubungi Safety Ranger via nomor atau email pada menu kontak.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top