Jenis-jenis Kulit pada Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
10 months ago
Jenis-jenis Kulit pada Sepatu Safety

Apakah Anda salah satu orang yang sering ingin tahu jenis kulit apa yang digunakan dalam sepatu safety sebelum membelinya? Saat diberi tahu bahan apa yang digunakan, banyak orang tidak mengetahui jenis kulit pada sepatu tersebut.

Karena tidak semua sepatu safety memiliki kulit yang berkualitas tinggi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari berbagai jenis sepatu safety kulit yang bisa Anda beli untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

Seperti contohnya, jika pekerjaan Anda melibatkan bekerja di industri minuman dan makanan, Anda harus mengenakan sepatu dengan kulit yang dapat menahan minyak dan air. Hal ini akan membuat Anda tetap aman dalam bekerja.

Salah satu bahan untuk membuat sepatu safety yaitu kulit. Berbagai jenis kulit digunakan untuk membuat sepatu safety, dan masing-masing memiliki kualitas dan manfaat yang unik. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang berbagai jenis kulit yang digunakan untuk membuat sepatu safety.  

  1. Kulit Full Grain

    Kulit ini sering dipakai sepatu safety yang memiliki kualitas dan harga tinggi. Kulit full grain adalah kulit dengan kualitas terbaik yang digunakan untuk sepatu safety. Itu terbuat dari bagian lapisan terluar kulit binatang yang paling kuat dan tahan lama. Daya tahan dan ketebalan kulit full grain menjadikannya bahan yang ideal untuk sepatu safety. Selain itu, ia memiliki pola butiran alami yang memberikan tampilan yang menarik.

    Selain itu, sepatu safety kulit full grain dapat bernapas, memungkinkan udara bersirkulasi dan menjaga kaki Anda tetap sejuk dan nyaman. Selain itu, sepatu safety kulit full grain dapat dibersihkan dan dipoles untuk mengembalikan tampilan aslinya, dan dengan perawatan yang tepat, sepatu tersebut dapat bertahan selama bertahun-tahun.

  2. Kulit Top Grain

    Kulit dibuat dengan menggunakan lapisan kedua kulit binatang dan kemudian mengampelasnya halus untuk menghilangkan ketidaksempurnaan. Ini memberikan keseimbangan yang baik antara daya tahan dan keterjangkauan. Kulit ini lebih tipis dari kulit gandum penuh tetapi tetap kokoh. Sepatu safety ini terbuat dari kulit berkualitas tinggi, sehingga lembut dan cukup fleksibel untuk dipakai dalam shift panjang.

    Beberapa sepatu safety dibuat dengan kulit top grain. Kulit ini terbuat dari lapisan kedua kulit binatang. Lapisan ini diampelas dan digosok untuk menghilangkan kekurangan dan membuat permukaan lebih halus. Proses ini melemahkannya dan membuatnya kurang tahan terhadap air.

  3. Kulit Split

    Kulit split terbuat dari lapisan kulit terbawah kulit binatang. Kulit ini memiliki karakteristik yang kaku dan berpori besar. Sepatu safety yang menggunakan kulit ini cepat atau lambat akan menimbulkan retak-retakan halus pada permukaan kulit yang menyebabkan kulit bersisik dan sepatu akan lebih cepat berlubang maupun sobek.

    Seringkali, kulit split lebih murah daripada kulit full grain, yang dapat memudahkan pekerja yang perlu membeli APD. Selain itu, kulit split lebih lembut dan lebih fleksibel daripada kulit full grain.

    Tapi kulit split tidak sekuat atau tahan lama seperti kulit full grain, dan mungkin tidak cukup melindungi Anda di beberapa lingkungan kerja. Pekerja yang melakukan sebagian besar pekerjaannya di dalam ruangan dan tidak terkena cuaca buruk atau bahan kasar mungkin dapat bertahan dengan sepatu safety kulit split.

  4. Kulit Suede

    Kulit suede terbuat dari bagian bawah kulit binatang, yang digosok untuk membuat permukaan yang lembut dan tidak berbulu. Kulit suede sangat lembut dan nyaman, tetapi tidak bertahan lama seperti kulit full grain dan top grain. 

    Kulit suede kurang kuat dan tahan terhadap kelembapan dibandingkan kulit full grain karena dibuat dari lapisan dalam kulit binatang. Sebaliknya, kulit suede lebih nyaman dipakai daripada kulit full grain karena lebih lembut dan lentur.

    Meskipun kulit suede tidak tahan lama seperti kulit full grain, namun tetap ada kegunaannya. Pekerja yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan dan tidak terkena suhu ekstrem atau bahan abrasif mungkin baik-baik saja menggunakan sepatu safety berbahan kulit suede. Namun, agar tetap terlihat bagus dan tahan lama, sepatu safety kulit suede memerlukan pembersihan yang ekstra karena kotoran akan gampang nempel dan membekas.

  5. Kulit Nubbuck

    Kulit nubuck seperti kulit suede, tetapi terbuat dari lapisan atas kulit binatang, bukan lapisan bawah. Kulit diampelas untuk membuat permukaan yang halus, lembut, tahan air dan noda.

    Proses ini mengeluarkan serat-serat halus pada permukaan kulit, sehingga terasa lembut seperti beludru. Sepatu safety kulit nubuck nyaman dipakai untuk waktu yang lama dibandingkan dengan kulit suede.

  6. Kulit Sintetis

    Ini adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat sepatu safety murah karena sangat mirip dengan kulit asli sehingga sulit bagi kebanyakan orang untuk membedakannya.

    Jenis ini sama sekali tidak terbuat dari kulit binatang. Sebaliknya, itu terbuat dari bahan buatan manusia seperti Polivinil klorida (PVC), poliuretan (PU), Microfiber, dan bahan lainnya.

    Sepatu safety yang terbuat dari kulit sintetis lebih murah daripada yang terbuat dari kulit asli. Kulit ini punya kelamahan yaitu tidak tahan terhadap panas.

Jenis kulit yang digunakan membuat perbedaan besar dalam hal ketahanan, kenyamanan, dan tampilannya. Kulit full grain dan top grain adalah pilihan yang paling tahan lama dan berkualitas tinggi, sedangkan kulit suede dan nubuck memiliki tampilan dan tekstur yang berbeda.

Sedangkan kulit sintetis adalah pilihan bagus untuk orang yang menginginkan pilihan yang lebih murah. Pada akhrinya, saat memilih sepatu safety, Anda juga harus memikirkan di mana Anda bekerja dan perlindungan seperti apa yang Anda butuhkan.

Sepatu Safety ranger menggunakan kulit berkualitas tinggi yaitu kulit full grain. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli produk kami bisa menghubungi via nomor telpon atau email pada menu kontak.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top