Mengenal Anatomi / Bagian Sepatu Safety dan Fungsinya

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
10 months ago
Mengenal Anatomi / Bagian Sepatu Safety dan Fungsinya

Hi Rangers, tahukah kamu tentang anatomi atau bagian-bagian sepatu safety? Semua bagian sepatu safety memiliki fungsinya masing-masing yang membantu kenyamanan dan keamanan kamu loh. Nah, di artikel ini kamu akan menemukan apa saja bagian-bagian tersebut dan apa fungsinya. Yuk, langsung saja kita bahas!

  1. Bagian Upper Sepatu

    Bagian upper sepatu safety adalah bagian yang mewakili seluruh area atas pada sepatu. Mulai dari area luar ujung kaki hingga punggung kaki, semua disebut upper. Apa saja yang termasuk bagian upper sepatu safety? Mulai dari heel counter, lining, collar, tongue, eyelet, hingga shoe lace. Semua fungsi dari bagian-bagian tersebut akan kita bahas dibawah.
  2. Heel Counter

    Heel counter adalah bagian yang terdapat di area belakang atau punggung kaki kamu. Bagian ini seringkali menjadi titik kunci kenyamanan penggunaan sepatu. Jika heel counter sepatu kamu terbuat dari bahan yang kurang bagus, maka bagian tersebut akan cepat rusak.

    Hal itu bisa terjadi karena bagian heel counter inilah yang menjadi titik tumpu dan memegang posisi tumit kamu selama berjalan. Jadi, karena menjadi bagian yang paling banyak menerima beban, pilihlah sepatu dengan bahan yang bagus dan terasa nyaman pada bagian heel counter ini.

  3. Lining

    Lining pada sepatu safety menjadi bagian yang penting terutama untuk masalah sirkulasi udara saat sepatu sedang dipakai. Sebagai contohnya, sepatu Safety Ranger menggunakan heavy duty & breathable lining. Dengan lining yang digunakan pada sepatu Safety Ranger, kamu akan merasakan kenyamanan yang lebih baik karena sirkulasi udara juga mengalir lebih baik.
  4. Collar

    Bagian collar adalah bagian kerah pada sepatu safety. Tempat dimana kamu memasukkan kaki ke sepatu safety. Bagian pinggiran yang melindungi mata kaki tersebut adalah bagian collar. Nama lain dari collar adalah topline.
  5. Tongue

    Tongue adalah bagian yang melingungi area punggung kaki kamu. Bagian ini terdapat persis di bawah tali sepatu. Fungsi tongue pada sepatu safety adalah untuk melindungi punggung kaki dan memberikan kenyamanan saat pemakaian. Saat kamu memakai sepatu, biasanya kamu akan secara otomatis memastikan bagian tongue ini fit atau pas di kaki kamu.
  6. Eyelet

    Anatomi sepatu yang selanjutnya adalah bagian eyelet. Bagian ini adalah lubang tali sepatu. Biasanya lubang pada tali sepatu memiliki jumlah yang berbeda-beda. Ada sepatu yang menggunakan 6 lubang tali pada masing-masing sisinya, ada juga yang hanya menggunakan 3 sampai 4 lubang tali. Fungsi dari eyelet adalah untuk menyesuaikan tali sepatu dengan kaki kamu saat digunakan.
  7. Shoe Lace

    Nah, jika tadi kita sudah membahas tentang eyelet atau lubang tali sepatu, maka shoe lace adalah tali sepatunya itu sendiri. Ada banyak model dan warna tali sepatu pada sepatu safety. Kamu bisa menyesuaikan tali sepatu dengan selera dan keperluan penggunaan. Satu hal yang pasti, fungsi shoe lace (tali sepatu) adalah untuk mengencangkan sepatu saat digunakan agar fit di kaki dan tidak mudah terlepas saat dipakai untuk bekerja.
  8. Steel Toe Cap

    Steel toe cap adalah bagian lempengan besi yang melindungi area jari kaki kamu. Bagian steel toe cap inilah yang membedakan sepatu safety dan sepatu casual lainnya. Fungsi steel toe cap adalah untuk melindungi kaki kamu dari benturan atau tertimpa benda di lokasi kerja. Kemampuan steel toe cap menahan berat benda jatuh adalah sekitar 200 Joules.
  9. Insole Sepatu Safety

    Bagian insole sepatu safety adalah bagian dimana kaki kamu berpijak. Bagian empuk di dalam sepatu tersebut dinamakan insole. Bagian insole ini adalah seperti penghubung antara kaki kamu dan midsole sepatu. Jika menggunakan sepatu tanpa insole, bisa dipastikan kenyamanan pada kaki kamu juga akan berkurang.

    Ada 2 material insole sepatu safety yang umumnya bisa kamu temukan di pasaran, yaitu EVA dan PU. Karakteristik insole EVA lebih kuat dan kencang, sedangkan PU lebih empuk dan lembut. Insole PU banyak digunakan pada sepatu casual.

  10. Midsole Sepatu Safety

    Midsole adalah bagian tengah dan penghubung antara insole dan outsole pada Anatomi sepatu. Bagian midsole sepatu safety menyerap daya atau beban dan memantulkannya kembali dengan baik.

    Pada beberapa sepatu safety, bagian midsole juga bisa ditambahkan besi untuk mencegah benda tajam tembus ke kaki kamu. Singkatnya, midsole berfungsi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada kaki kamu.

  11. Oustole Sepatu Safety

    Outsole sepatu safety adalah bagian sol paling bawah dan terluar pada anatomi sepatu safety. Biasanya, konsumen memilih untuk membeli sepatu safety berdasarkan outsole sepatu safety tersebut.

    Seperti contohnya sepatu Safety Ranger yang memiliki keunggulan pada bagian outsole dimana oustolenya lebih lebar. Dengan outsole yang lebih lebar, pembagian beban akan lebih merata dan membuat sepatu safety lebih nyaman digunakan dalam jangka waktu lama.

Nah, itu dia anatomi sepatu safety yang perlu kamu tahu. Intinya, setiap bagian memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing untuk menambahkan rasa aman dan nyaman saat kamu menggunakan sepatu safety.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top