Mengenal Material Insole Sepatu Safety dan Fungsinya

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
1 year ago
Mengenal Material Insole Sepatu Safety dan Fungsinya

Mungkin beberapa diantara kalian masih asing dengan bagian-bagian pada sepatu safety. Sebut saja tiga bagian sol sepatu, yaitu outsole, midsole dan insole sepatu safety. Bagian Outsole dan midsole adalah bagian luar sol sepatu yang menyentuh langsung dengan medan atau area kerja. Lalu apa itu insole? Yuk kita bahas selengkapnya di artikel ini.

Pengertian Insole

Insole adalah bagian sepatu safety yang menyentuh langsung telapak kaki Anda. Insole sepatu safety berfungsi untuk memberikan rasa nyaman saat Anda menggunakan sepatu safety.

Selain itu, bagian ini juga harus Anda perhatikan karena ada beberapa tipe insole yang akan cepat tergerus atau ambles jika sering digunakan. Lalu apa saja bahan dan jenis - jenis insole yang tersedia di pasaran untuk sepatu safety?

Bahan Insole Sepatu Safety

Insole sepatu memiliki banyak fungsi, seperti meredam tekanan saat kita beraktivitas, menghindari slip, dan menghindari cedera akibat pemakaian sepatu dalam jangka panjang.

Tidak semua sepatu menggunakan insole yang sama, karena ada beberapa bahan insole yang tersedia dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ada dua bahan insole sepatu yang kali ini akan kita bahas, yaitu EVA dan PU. 

Apa itu Insole EVA

EVA adalah singkatan dari ethyl vinyl acetate, merupakan bahan yang sama yang sering digunakan untuk topcover orthotic, hanya lebih kencang. Karakteristik bahan EVA lebih kuat dan kencang, cocok untuk pemakaian jangka panjang dan tidak mudah haus atau terkelupas.

Keunggulan lainnya adalah bahan EVA cenderung lebih murah dibandingkan dengan bahan PU, namun perlu Anda catat bahwa bahan ini tidak selembut bahan PU.

Apa itu Insole PU

PU adalah singkatan dari poliuretan, merupakan bahan seperti busa yang pada umumnya sering digunakan untuk berbagai macam sepatu, mulai dari sepatu lari, sepatu kerja, sepatu sekolah, bahkan juga di sepatu safety. Bahan ini memberikan kenyamanan yang tidak tersedia pada bahan EVA.

Kenyamanan yang ditawarkan sebanding dengan harganya yang memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan EVA. Namun perlu dicatat bahwa jika cukup sering digunakkan, bahan insole PU akan cepat haus dan terkelupas.

Dalam kurang lebih 6 bulan, bahan insole PU akan mulai terkelupas, berbeda dengan bahan EVA yang memang tidak mudah haus dan terkelupas.

Kedua bahan insole sepatu safety diatas memiliki keunggulannya masing - masing. Anda bisa menyesuaikan pilihannya dengan kebutuhan Anda. Tentu dengan pertimbangan yang matang, karena sepatu safety yang Anda gunakan untuk bekerja bertugas untuk melindungi diri Anda, terutama kaki Anda dari kecelakaan kerja.

Selain itu, beberapa penelitian juga telah menyebutkan bahwa insole sepatu safety yang bagus dapat mempengaruhi postur tubuh kita dan membuatnya lebih baik. Hal itu disebut sebagai medical orthopedic insole.

Apa itu Orthopedic Insole

Orthopedic insole adalah insole pada sepatu safety yang dibentuk secara optimal dan sangat efektif sebagai tindakan pencegahan dan untuk memperlambat degenerasi Calcaneus (tulang tumit).

Sol sepatu ini membantu melindungi kaki dari stres berlebih serta mendorong gerakan alami kaki. Sol juga dapat berfungsi sebagai bantalan yang nyaman bagi pasien dengan kelainan bawaan pada struktur kaki.

Penggabungan antara medis dan teknologi menghadirkan fitur ini. Fitur orthopedic ini pada akhirnya sangat berdampak positif bagi para pekerja K3 yang menggunakan sepatu safety.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top