3 Tips Pencegahan Cedera Kaki Pada Area Konstruksi

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
5 months ago
3 Tips Pencegahan Cedera Kaki Pada Area Konstruksi

Saat bekerja dalam lingkungan konstruksi pemilihan alas kaki yang tepat menjadi hal yang penting karena safety shoes menjadi salah satu perlengkapan keselamatan alat pelindung diri utama bagi pekerja. Mereka membantu dalam pencegahan cedera kaki akibat benda jatuh, benda tajam, bahaya listrik, terpeleset, dan yang lainnya. Blog ini akan menjelaskan 3 tips untuk pencegahan cedera kaki saat berada di lingkungan kerja yang ekstrim.

  

Tips Untuk Pencegahan Cedera Kaki Saat Kerja Konstruksi  

Menyembuhkan engkel kaki dalam rentang waktu yang cepat mungkin sulit untuk dilakukan sehingga pekerja harus meluangkan waktu untuk pemulihan kaki secara total. Karena ketika pekerja memaksakan untuk bekerja dengan kaki yang cedera maka pekerja akan berisiko melukainya lagi. Ikuti langkah-langkah ini supaya Anda dapat mencegah cedera kaki.

  1. Menggunakan Safety Shoes

    Safety shoes dapat membantu melindungi pekerja dari potensi bahaya seperti benda tajam, sengatan listrik, dan tumpahan bahan kimia. Selain itu, mengenakan sepatu keselamatan yang benar dapat membantu memastikan bahwa karyawan menggunakan postur tubuh yang benar saat bekerja sehingga dapat membantu mengurangi risiko ketegangan fisik dan kelelahan. 

    Mengenakkan safety shoes dapat memberikan kenyamanan dan dukungan yang sangat dibutuhkan bagi karyawan yang harus berdiri dalam jangka waktu yang lama. Daripada menyembuhkan engkel kaki, lebih baik kita cegah cederanya sebelum terjadi.   
  1. Pilih Safety Shoes Terstandardisasi 

    Sebagai alat pelindung kaki, safety shoes juga wajib berpacu kepada standar yang ada. Contohnya seperti standar EN ISO 20345, ASTM F 2413, dan SNI 7079. Mengapa? Tentunya dengan standar yang ada, kenyamanan pekerja akan menjadi lebih efektif ketika safety shoes sudah memenuhi standar tersebut.  
  • EN ISO 20345: standar EN ISO 20345 menetapkan bahwa semua safety shoes harus memiliki pelindung jari kaki, dan menetapkan standar ketahanan benturan sebesar 200 Joule (atau 20 kg yang dijatuhkan 1,020 mm pada jari kaki) dan uji kompresi sebesar 15 KN (setara dengan 1,5 ton yang bertumpuk pada area jari kaki).  

  • ASTM F 2413: safety shoes yang berpacu pada standar ASTM F 2413 wajib memiliki jarak bebas setengah inci untuk pria dan 15/32 inci untuk wanita ketika terbentur dengan berat 10.4 kg force meter. Sepatu ini dibuat dengan toe cap yang dimasukkan ke dalam ujung safety shoes. 

  • SNI 7079  : adalah standar yang diterbitkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk alat pelindung kaki. Persyaratan SNI mencangkup bahan yang digunakan serta beberapa jenis uji yang perlu dilalui untuk menguji kualitas safety shoes supaya pencegahan cedera kaki dapat ditingkatkan.  

  1. Memilih Sepatu Dengan Benar 

    Pada beberapa lingkungan kerja industri, safety shoes diperlukan untuk memiliki insulasi listrik, tahan bahan kimia, memiliki anti-selip dan fitur lainnya. Mempertimbangkan safety shoes seperti apa yang Anda butuhkan sebelum membeli akan meningkatkan kenyamanan pekerja saat sedang dalam lokasi kerja. Maka dari itu, Rangers perlu evaluasi kembali apa yang dibutuhkan dari pekerja lapangan ya.. 

Penyebab Utama Dari Cedera Kaki Pada Lingkungan Kerja 

Menyembuhkan engkel kaki akan membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu, kami perlu ketahui penyebab utama dari penyebab cedera kaki supaya lebih waspada. Menurut Occupational Safety and Health Administration (OSHA) telah diketahui 6 jenis penyebab utama dari cedera kaki: 

  • Tulang Patah: dapat disebabkan oleh barang jatuh, kendaraan bergerak, atau terbentur dengan obyek. 

  • Cedera Tusukan: dapat disebabkan oleh paku, besi tajam, atau obyek kaca.  

  • Luka dan Laserasi: dapat disebabkan oleh mesin gergaji, mesin pemotong rotari, dan mesin berat yang tidak dijaga dengan benar 

  • Luka Bakar: dapat disebabkan oleh bahan kimia, bahan mudah bakar atau bahan mudah meledak 

  • Sengatan Listrik: dapat disebabkan oleh listrik statis yang tidak terjaga dengan benar 

  • Kaki Terkilir: dapat disebabkan oleh terjatuh dari ketinggian atau karena tidak menggunakan pelindung kaki yang baik.  

Jika Anda terluka di tempat kerja, penting bagi Anda untuk melaporkan kecelakaan dan cedera Anda segera supaya dapat menyembuhkan engkel kaki. Penting juga untuk mendapatkan perhatian medis dan menyimpan laporan Anda. Cedera kaki merupakan hal yang ingin di cegah oleh semua orang sehingga kebutuhan safety shoes saat  bekerja dalam lingkungan menjadi hal utama yang diperhatikan. Kunjungi toko kami untuk informasi lebih lanjut. Have a nice day, Rangers! 

 


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top