Sepatu Safety Tidak Nyaman dan Sakit, Apa Benar?

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
9 months ago
Sepatu Safety Tidak Nyaman dan Sakit, Apa Benar?

Sepatu safety memiliki peran penting dalam melindungi kaki Anda dari bahaya di tempat kerja seperti benda jatuh dan benda tajam. Namun, terkadang bisa menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan membuat kaki sakit. Sangat penting untuk Anda memahami mengapa hal ini terjadi dan bagaimana Anda dapat mengatasi masalah tersebut agar membuat hari kerja Anda aman dan nyaman. Dalam blog ini, kami akan menjelaskan alasan umum mengapa sepatu safety dapat membuat kaki Anda sakit dan memberikan tips untuk mencegah ketidaknyamanan dan sakit pada kaki.

Apa Sepatu Safety Tidak Nyaman dan Sakit?

Mungkin banyak dari Anda bertanya-tanya dan bingung ketika menggunakan sepatu safety, apakah nyaman dan apakah kaki akan sakit?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Tidak, tetapi ada beberapa alasan yang akan membuat kaki Anda tidak nyaman dan sakit ketika menggunakan sepatu safety. Pemakaian sepatu safety secara umum tidak akan sakit karena sepatu sudah dilengkapi dengan insole yang empuk dan bahan premium seperti kulit full grain. Akan tetapi, ada beberapa alasan yang membuat kaki Anda sakit dan tidak nyaman seperti:

Salah Ukuran Sepatu Safety

Salah satu alasan sakit pada kaki yang paling umum adalah menggunakan ukuran sepatu safety yang tidak pas atau salah. Sepatu yang terlalu ketat/kecil dapat menekan jari kaki Anda, menyebabkan nyeri dan lecet, sedangkan sepatu yang terlalu besar dapat menyebabkan gesekan dan mengurangi stabilitas Anda karena kaki Anda akan bergerak kedepan dan kebelakang saat berjalan.

Insole Keras

Beberapa sepatu safety mungkin memiliki insole yang keras, membuatnya tidak nyaman selama pemakaian berjam-jam. Tidak adanya insole yang empuk dapat menyebabkan kelelahan dan nyeri pada kaki Anda.

Belum Break-in Sepatu

Alasan berikutnya adalah karena sepatu safety Anda belum break-in. Anda perlu memberi waktu selama beberapa hari atau minggu agar sepatu safety baru dapat break-in sepenuhnya. Break-in sepatu ini diperlukan juga untuk menyesuaikan diri dengan sepatu agar lebih nyaman kedepannya.

Tidak Menggunakan Kaus Kaki

Jika Anda tidak mengenakan kaus kaki dengan sepatu safety, kaki Anda mungkin akan tidak nyaman dan membuat kaki Anda sakit. Dengan tidak menggunakan kaus kaki, bahan sepatu bisa bergesekan dengan kulit Anda, menyebabkan gesekan dan menimbulkan lecet.

Selain itu, kaki Anda secara alami berkeringat sepanjang hari, dan tanpa kaus kaki untuk menyerap kelembapan, sepatu Anda bisa menjadi lembap dan dapat menyebabkan infeksi bakteri dan jamur.

Tips Menggunakan Sepatu Safety Nyaman dan Tidak Sakit

Dengan menggunakan sepatu safety yang nyaman dan tidak sakit, ini akan membuat Anda lebih produktivitas selama melakukan pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda:

  1. Temukan Ukuran Tepat

     Sepatu safety dapat membuat kaki Anda sakit jika ukuran sepatu tidak tepat. Tidak diragukan lagi bahwa sepatu safety memang menawarkan beberapa perlindungan ekstra dibandingkan sepatu biasa. Mereka biasanya memiliki fitur seperti steel toe cap, steel midsole, antistatic, slip resistant, oil resistant, dll. Namun, fitur-fitur ini sepenuhnya percuma jika ukuran sepatu Anda tidak tepat. Untuk menemukan ukruan yang tepat, Anda bisa cek disini.

  2. Jangan Melepas Insole

    Kebanyakan orang tidak menyadari betapa pentingnya insole untuk menjaga kaki nyaman saat bekerja. Insole digunakan dalam sepatu safety untuk memberikan bantalan ekstra untuk  kaki Anda, yang membantu meredam benturan saat berjalan di permukaan yang keras seperti lantai atau jalan. Insole sepatu juga membantu menjaga lengkungan Anda didukung dan mencegah nyeri lengkungan.
  3. Periksa Sepatu Anda

    Tips terakhir adalah Anda harus memeriksa sepatu safety Anda apakah ada tanda-tanda kerusakan atau keausan. Sepatu safety yang rusak akan kehilangan kemampuannya untuk melindungi dan menopang kaki Anda dengan baik. Bagian yang rusak atau bahan yang aus dapat menyebabkan ketidaknyamanan, lecet, dan nyeri kaki.  Penting untuk segera mengganti sepatu safety Anda yang rusak untuk memastikan kaki Anda terlindungi dengan baik dan untuk menghindari ketidaknyamanan atau risiko cedera. 

Untuk kesimpulan, sepatu safety tidak sakit dan nyaman. Yang membuat sepatu safety sakit dan tidak nyaman adalah jika Anda menggunakan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil. Dengan memastikan ukuran yang sesuai pada sepatu safety Anda, Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko nyeri kaki dan cedera. 

Nah, untuk mendapatkan sepatu safety yang tidak sakit dan sangat nyaman saat di pakai berjam-jam, Anda bisa memilih sepatu Safety Ranger sebagai pilihan utama. Yuk langsung aja hubungi kami via whatsapp atau email yang tertera di halaman kontak atau di atas kanan halaman kalian.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top