Perbedaan Water Resistant dan Waterproof pada Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
10 months ago
Perbedaan Water Resistant dan Waterproof pada Sepatu Safety

Perbedaan sepatu safety water resistant dan waterproof bisa dibilang tidak ada jika sepatu dilihat secara bersebelahan. Seperti contohnya pada bagian bawah kulit sepatu safety tersebut berbeda, dari cara pembuatannya dan teknologi yang digunakan juga berbeda.

Jika menyangkut sepatu safety, ada perbedaan besar antara "water resistant" dan "waterproof”, jadi agar Anda tidak bingung dengan kedua kata tersebut. Yuk Simak Lebih Lanjut Artikel Ini!

Apa itu Water Resistant ?

Sepatu safety ini dibuat untuk menahan air sampai batas tertentu, tetapi tidak sepenuhnya. Jika Anda berada di dalam air untuk waktu yang lama, kaki Anda akan basah.

Untuk water resistant tidak sama dengan yang waterproof yang bisa menahan air sepenuhnya. Sepatu ini dapat menahan air seperti hujan ringan,gerimis dan cipratan air.

Penting untuk diingat bahwa water resistant bukan berarti sepatu bisa terendam air karena sepatu safety akan menyerap terlalu banyak air dan akibatnya air akan masuk. Fitur sepatu safety ini cocok untuk industri makanan dan minuman.

Apa itu Waterproof ?

Istilah ‘waterproof’ pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda semua. Sepatu safety yang memiliki fitur waterproof adalah sepatu yang dirancang untuk mencegah air masuk ke bagian dalam sepatu.

Sepatu ini dirancang untuk tetap kering walaupun sedang hujan lebat/deras. Sepatu safety ini cocok untuk Anda yang bekerja di bidang konstruksi dan agrikultur.

Apa Perbedaan Water Resistant dan Waterproof pada Sepatu Safety ?

Sepatu safety yang memiliki fitur waterproof dan water resistant jika dilihat sekilas memang tidak ada perbedaan, namun ada beberapa perbedaan yaitu:

  1. Tujuan

    Sepatu safety waterproof dibuat bertujuan untuk tidak tembus air, sehingga membuat kaki Anda tetap benar-benar kering. Bahkan jika Anda memasukkan sepatu kedalam air, kaki Anda akan tetap kering.

    Sedangkan yang water resistant dibuat bertujuan untuk menahan curah hujan ringan, tetapi apa pun yang lebih dari itu kemungkinan besar akan menembus.

  2. Material

    Sepatu safety waterproof biasanya terbuat dari bahan dasar karet, neoprena, vinil, nilon, gore-tex, atau poliuretan. Sepatu juga memiliki sol dan jahitan tahan air, jahitan ini sangat penting karena sepatu tidak bisa disebut tahan air jika jahitannya tidak terlindungi.

    Di sisi lain, water resistant menggunakan bahan seperti kulit, suede, atau nilon.

  3. Kode

    Kode pada sepatu safety waterproof adalah WR. Anda mungkin mengira kalo kode itu adalah water resistant, tapi nyatanya itu salah, ini karena tidak ada sepatu safety yang benar-benar air tidak bisa masuk kedalam, karena akan selalu ada lobang besar pada sepatu yaitu lobang untuk memasukkan kaki Anda kedalam sepatu.

    Kode pada sepatu safety water resistant bedasarkan standar baru EN ISO 20345: tahun 2022 adalah WPA. Kode sebelumnya yaitu WRU standar EN ISO 20345: tahun 2011. Jadi jika sepatu Anda memiliki kode WPA itu karena sepatu belum melakukan tes standar baru atau diproduksi sebelum ada standar baru.

Nah sudah jelas kan Rangers! perbedaan antara water resistant dan waterproof pada sepatu safety hanya pada paparan air, dimana water resistant hanya bisa menahan air yang kecil dan waterproof bisa menjamin tahan air.  


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top