Mengenal Fitur Anti Slip pada Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
12 months ago
Mengenal Fitur Anti Slip pada Sepatu Safety

Salah satu fitur penting pada sepatu safety adalah kemampuan anti slip. Fitur ini sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja yang sering disebabkan oleh terpeleset. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang fitur anti slip pada sepatu safety dan fungsi utamanya.

Apa itu Fitur Anti Slip?

Sepatu safety adalah alat pelindung diri (APD) yang digunakan untuk melindungi kaki dari risiko cedera di area kerja. Salah satu fitur yang cukup diandalkan dari sepatu safety adalah fitur anti slip. Sepatu dengan fitur ini dirancang dengan sol yang dapat memberikan daya cengkeram yang lebih kuat pada permukaan lantai, sehingga mengurangi risiko terpeleset atau jatuh saat beraktivitas.

Fitur ini sangat penting terutama pada lingkungan kerja yang basah, licin, atau berlumpur. Bahan karet atau poliuretan biasanya digunakan pada sol sepatu safety dengan fitur anti slip untuk memberikan daya cengkeram yang lebih kuat pada permukaan lantai.

Fungsi Anti Slip pada Sepatu Safety

Fungsi utama dari fitur anti slip adalah untuk mencegah kecelakaan kerja yang sering disebabkan oleh terpeleset. Dalam beberapa kasus, kecelakaan kerja yang disebabkan oleh terpeleset bisa sangat serius dan menyebabkan cedera yang parah atau bahkan kematian.

Fitur ini juga dapat membantu mengurangi risiko terpeleset dan meminimalkan cedera pada kaki dan bagian tubuh lainnya akibat jatuh.

Selain itu, fitur ini juga membantu meningkatkan kenyamanan dan produktivitas pengguna sepatu. Dengan sol yang dapat memberikan daya cengkeram yang lebih kuat pada permukaan lantai, pengguna sepatu dapat merasa lebih stabil dan percaya diri dalam beraktivitas, sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Tentang SRA, SRB dan SRC

Jika kita bicara soal anti slip, maka tidak terlepas dari 3 standar pengetesan, yaitu SRA, SRB dan SRC. Standar anti slip terbaik saat ini yang sesuai dengan standar EN ISO 20345:2011 adalah SRC. Untuk mendapatkan label SRC, sepatu safety perlu lolos dalam tahap uji SRA dan SRB.

Pengujian SRA dan SRB dapat dilakukan di laboratorium menggunakan dua tipe permukaan. SRA menggunakan ubin lantai keramik yang dibasahi dengan larutan sabun, sedangkan SRB menggunakan permukaan baja tahan karat yang halus dengan gliserol. Untuk SRC sendiri adalah sol yang lulus uji SRA dan SRB.

Cara Memilih Sepatu Safety

Memilih sepatu safety dengan fitur anti slip yang tepat sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja akibat terpeleset. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu safety:

  • Pastikan sol sepatu terbuat dari bahan karet atau poliuretan yang dapat memberikan daya cengkeram yang lebih kuat pada permukaan lantai.
  • Pilih sepatu yang memiliki desain sol yang memungkinkan air atau cairan untuk mengalir keluar dari sol. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya terpeleset karena permukaan lantai basah atau licin.
  • Pastikan sepatu yang dipilih sesuai dengan aktivitas kerja yang dilakukan. Sepatu safety yang cocok untuk aktivitas kerja di pabrik mungkin berbeda dengan sepatu safety yang cocok untuk aktivitas kerja di lapangan atau di area outdoor.
  • Pilih sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki Anda. Ukuran sepatu memegang peranan penting untuk faktor keamanan dan kenyamanan. Sepatu yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi daya cengkeram pada sol sepatu.

Nah, sekarang Anda sudah paham kan apa fungsi fitur anti slip pada sepatu safety? Pada dasarnya fitur ini sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja.

Safety Ranger, dengan outsole PU-TPU, memiliki fitur anti slip dan juga lulus uji SRA, SRB dan SRC. Jadi, buat Anda yang membutuhkan sepatu safety dengan fitur lengkap, langsung saja hubungi kami melalui email atau nomor yang tertera pada menu kontak ya!


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top