6 Kesalahan Umum Saat Membeli Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
11 months ago
6 Kesalahan Umum Saat Membeli Sepatu Safety

Alat pelindung diri (APD) yang tepat dapat membuat semua perbedaan dalam hal keselamatan di tempat kerja. Sepatu safety dirancang untuk melindungi kaki Anda dari potensi bahaya di tempat kerja dan sepatu safety adalah salah satu perlengkapan terpenting. Namun, saat membeli sepatu safety, banyak orang melakukan kesalahan umum. Yuk Simak Selengkapnya!

Kesalahan Membeli Sepatu Safety

Apakah Anda pernah salah membeli sepatu safety? Tentunya, hal itu yang harus dihindarkan sebelum membeli sepatu safety. Berikut adalah 6 kesalahan umum membeli sepatu safety:

  1. Tidak Mencoba Sepasang Sepatu

    Ketika Anda ke toko, sebaiknya Anda mencoba sepasang sepatu untuk merasakan apakah sepatu itu nyaman atau tidak, dan jangan lupa untuk mencoba dipakai jalan. Jika Anda tidak mencoba sepasang sepatu maka Anda mungkin tidak tahu apa kaki Anda panjang sebelah.
  2. Tidak Memakai Kaus Kaki Saat Mencoba

    Sebaiknya Anda memakai kaus kaki saat mencoba sepatu safety karena kaus kaki yang tebal dan tipis memiliki perbedaan yang bisa mempengaruhi kenyamanan saat memakai sepatu, selain itu ukuran sepatu juga bisa berpengaruh ketika anda menggunakan kaus kaki yang tebal.
  3. Tidak Membeli Sepatu Safety Sesuai Kebutuhan Pekerjaan

    Saat Anda membeli sepatu safety, salah satu kesalahan paling umum yang sering dilakukan pemula adalah tidak mendapatkan jenis sepatu yang tepat untuk pekerjaan. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di tempat yang terekspos dengan benda-benda tajam, Anda memerlukan sepatu yang memiliki midsole besi karena bisa melindungi Anda dari paku, benda tajam,dll.

    Penting untuk mengetahui risiko apa yang ada di tempat kerja Anda dan memilih sepasang sepatu safety yang akan melindungi Anda dari risiko tersebut. Jika Anda salah memilih jenis sepatu safety, Anda bisa melukai diri sendiri atau mengalami kecelakaan.

    Untuk menghindari kesalahan ini, Anda harus mempelajari berbagai jenis sepatu safety dan memilih yang paling sesuai dengan pekerjaan dan lingkungan kerja Anda.

  4. Membeli Size yang Salah

    Ukuran yang salah akan mengakibatkan kaki Anda tidak nyaman, sakit dan bisa menyebabkan kecelakaan. Jadi, pastikan Anda mengukur kaki Anda dan melihat size chart untuk memastikan ukuran sepatu yang Anda beli benar.
  5. Tidak Membeli Bedasarkan Standar

    Anda harus memperhatikan sepatu safety yang Anda beli berstandar SNI atau tidak. Jika tidak, Anda jangan membelinya karena standar dan regulasi di Indonesia sudah ditentukan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan diterbitkan dalam Standar Nasional Indonesia. Dalam Standar SNI 7079:2009, diterangkan tentang spesifikasi, bahan dan material yang harus digunakan sepatu safety. Sepatu safety juga harus memiliki tanda label SNI dan harus dilakukan tes untuk mendapatkan SNI 7079:2009.
  6. Membeli Sepatu Safety Berdasarkan Harga Saja

    Meskipun sepatu safety berharga murah mungkin menggoda Anda untuk membeli karena harganya yang murah, jangan tertipu oleh design sepatu tersebut tetapi yang Anda tidak tahu kualitas sepatu safety tersebut. Jika sepatu safety murah kemungkinan tidak tahan lama atau tidak cukup aman untuk dipakai dan dapat meningkatkan kemungkinan cedera. Untuk menghemat uang Anda dalam jangka panjang, belilah sepasang sepatu berkualitas tinggi yang bisa bertahan lama.

Perbedaan Sepatu Safety Murah dan Mahal 

Ada sejumlah perbedaan signifikan antara sepatu safety murah dan mahal, dan perbedaan tersebut dapat mempengaruhi tingkat perlindungan dan daya tahan yang diberikan. Berikut beberapa perbedaan umum yang perlu diingat:

  1. Material

    Sepatu safety yang lebih mahal dibuat dari bahan berkualitas lebih tinggi, seperti full grain leather, yang menawarkan tebal dan kuat, sehingga tahan lama dan lebih tahan sobek. Sedangkan, sepatu safety murah dibuat dari bahan berkualitas rendah seperti kulit sintetis.
  2. Ketahanan

    Seperti contoh ketika Anda membeli sepasang sepatu safety murah seharga Rp. 80.000, mungkin ajan bertahan selama satu atau dua bulan. Setelah satu tahun, Anda akan menghabiskan sekitar Rp.480.000. Namun ketika Anda membeli sepatu safety yang memiliki kualitas tinggi yang dapat digunakan selama satu tahun atau lebih, Anda akan mengeluarkan uang mungkin sekitar Rp.450.000, ini jauh lebih hemat dari membeli sepatu safety yang murah.

    Namun, ini tidak berarti bahwa semua sepatu safety murah memiliki kualitas yang sangat rendah dan hanya sepatu safety mahal yang bagus dalam fungsinya.

  3. Fitur Keselamatan

    Sepatu safety yang murah tidak memiliki fitur keselamatan yang banyak seperti yang lebih sepatu safety mahal miliki, seperti steel midsole, anti static, slip dan oil restant dan steel toe cap.
  4. Standar Kualitas

    Sepatu safety yang mahal diproduksi dengan pabrik yang memiliki uji lab seperti flexing, density dan impact test sehingga sepatu safety yang mahal akan terjamin dengan kualitasnya karena melewati quality control yang ketat.

    Meskipun sepatu safety yang murah dapat memberikan tingkat perlindungan tertentu, penting untuk diperhatikan bahwa sepatu safety tersebut mungkin tidak tahan lama atau menawarkan perlindungan sebanyak opsi yang lebih mahal. Secara umum, disarankan untuk membeli sepatu safety dengan kualitas terbaik yang Anda mampu, karena ini akan membantu memastikan kaki Anda terlindungi dan sepatu safety Anda bertahan lebih lama.

Nah, ini dia kesalahan umum saat membeli sepatu safety dan perbedaan sepatu safety mahal dan murah. Namun, tidak semua sepatu safety yang murah tidak memiliki kualitas dan standar yang dimiliki sepatu safety mahal. 

Sepatu Safety Ranger menawarkan harga yang terjangkau dengan kualitas internasional dan yang terpenting sudah berstandar SNI. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli produk kami bisa menghubungi via nomor telpon atau email pada menu kontak.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top