5 Tanda Anda Harus Mengganti Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
7 months ago
5 Tanda Anda Harus Mengganti Sepatu Safety

Sepatu safety adalah salah satu APD yang terpenting dalam melakukan pekerjaan yang memiliki resiko cedera tinggi. Sepatu safety sama seperti APD lainnya yang memiliki masa kadaluarsa atau akan ada waktunya harus diganti. Dalam blog ini, kami akan menjelaskan tanda-tanda yang menandakan kapan waktunya mengganti sepatu safety Anda. Tujuan utama ini adalah  untuk mempertahankan kekuatan perlindungannya dan menjaga kaki Anda tetap aman.

Tanda-Tanda Sepatu Safety Harus Diganti

Berikut adalah beberapa tanda-tanda kapan sepatu safety Anda diganti:

  1. Outsole yang Sudah Lama

    Outsoe sepatu safety Anda yang sudah aus atau menipis adalah tanda umum bahwa sudah waktunya untuk membeli yang baru. Outsole sepatu safety Anda sangat penting karena memberi Anda cengkeraman, dukungan, dan stabilitas. Jika outsole sudah tipis atau aus, itu tidak akan mampu mencengkeram tanah dengan baik dan bahkan bisa berbahaya pada permukaan yang licin.

    Selain itu, carilah robekan atau retakan. Jika ada, di outsole sepatu Anda,itu tandanya Anda harus menggantinya. Jika outsole mulai terpisah dari bagian upper sepatu, hal ini juga menandakan sepatu safety Anda harus diganti.

  2. Upper Sepatu Rusak

    Jika bagian upper sepatu rusak, sobek, atau berlubang, hal ini dapat mengurangi perlindungan yang diberikan oleh sepatu safety tersebut. Jika ada tali yang rusak, dan Anda tidak dapat mengikat sepatu safety tersebut, maka ini merupakan kondisi yang tidak aman untuk terus menggunakannya. Upper yang rusak merupakan tanda sudah waktunya Anda mengganti sepatu safety.

  3. Tidak Nyaman

    Sepatu safety yang digunakan saat kerja harus nyaman, terutama jika Anda harus memakainya dalam waktu lama. Jika sepatu safety Anda sakit atau tidak nyaman, inilah waktunya untuk membeli yang baru. Insole yang sudah lama juga tidak akan memberikan kenyamanan seperti pada awalnya. Anda tidak boleh mengabaikan rasa sakit karena dapat membuat Anda lelah dan sakit dalam waktu lama, ini juga akan mengganggu Anda saat bekerja.

  4. Peraturan yang Berganti

    Standar dan peraturan keselamatan terus berkembang. Jika sepatu safety Anda tidak lagi memenuhi standar keselamatan tempat kerja saat ini, penting untuk mengganti sepatu baru yang mematuhi peraturan terbaru. Kepatuhan memastikan keselamatan dan perlindungan Anda di tempat kerja.

  5. Umur Sepatu Safety

    Yang terakhir Anda harus tahu adalah sudah berapa lama Anda menggunakan sepatu safety tersebut. Sebagian besar sepatu safety dapat bertahan antara enam bulan hingga dua tahun. Ini tergantung dari intensitas penggunaan sepatu dan kondisi lapangan kerja. Maka dari itu umur sepatu safety harus Anda perhatikan dan segera ganti sepatu safety Anda.

Nah ini dia 5 tanda Anda harus mengganti sepatu safety, dengan memastikan tanda-tanda diatas, ini akan membuat keselamatan Anda tetap terjaga. Jangan menunggu sampai sepatu safety Anda sudah tidak layak pakai dan sudah kadaluarsa. Jangan lupa juga untuk mengetahui kapan waktu yang tepat memeriksa sepatu safety.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top