5 Pertanyaan Paling Umum Tentang Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
11 months ago
5 Pertanyaan Paling Umum Tentang Sepatu Safety

Sepatu safety adalah kebutuhan para pekerja di berbagai bidang industri. Alat pelindung diri (APD) yang satu ini bukan hanya pelengkap, namun termasuk yang terutama wajib dipakai. Berbicara soal APD yang satu ini, ada banyak pertanyaan yang sering dicari orang. Artikel kali ini akan membahas dan merangkum 5 pertanyaan paling umum diantaranya.

Ada 5 pertanyaan umum tentang sepatu safety yang sering ditanyakan, seperti:

  1. Kenapa harus menggunakan sepatu safety?
  2. Apakah sepatu safety bisa melindungi dari bahaya serius?
  3. Model mana yang terbaik, high,mid atau low cut?
  4. Kapan harus ganti sepatu safety?
  5. Cara mencuci sepatu

Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya ditaklah sulit. Jika Anda melakukan penelusuran di internet, Anda akan mendapatkan jawabannya dengan mudah. Namun, disini kami merangkum semuanya untuk mempermudah Anda mendapatkan jawabannya hanya lewat 1 artikel saja.

Pada dasarnya, memilih sepatu safety ditentukan oleh banyak faktor. Untuk perorangan, faktor kualitas, desain dan harga bisa menjadi faktor kunci. Sedangkan bagi perusahaan atau institusi, selain harga, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah sepatu tersebut menjawab kebutuhan safety di tempat kerja karyawan Anda.

Yuk langsung saja kita bahas selengkapnya!

  1. Kenapa Harus Menggunakan Sepatu Safety?

    Jika pertanyaan ini ditanyakan, maka jawabannya adalah apa manfaatnya dan apa risiko yang akan dihadapi saat Anda tidak menggunakan sepatu safety, betul?

    Untuk menjawab pertanyaan ini, mudah saja. Berikut ini manfaat utama yang bisa Anda dapatkan:

    • Melindungi kaki dari cedera
    • Meningkatkan kesehatan dan keselamatan
    • Meningkatkan produktivitas di tempat kerja
    • Mematuhi SOP perusahaan
    • Mengurangi kasus kecelakaan kerja

    Nah, dengan manfaat yang sudah disebutkan diatas, yakin masih tidak mau menggunakan pelindung kaki saat bekerja? Kalau masih belum yakin juga, berikut ini adalah risiko cedera yang mungkin Anda hadapi saat tidak menggunakan APD yang satu ini:

    • Risiko tertusuk benda tajam
    • Risiko tertimpa benda di tempat kerja
    • Risiko terpeleset
    • Risiko tersengat listrik
    • Risiko terkena zat kimia berbahaya

    Bukan hal yang baik bukan? Membayangkannya saja sudah sulit. Anda berhadapan dengan risiko cedera ringan hingga berat saat mengabaikan APD yang satu ini. Untuk itu, segera pakai pelindung kaki ini sebelum Anda bekerja.

  2. Apakah sepatu safety bisa melindungi dari bahaya serius?

    Pertanyaan kedua yang paling sering ditanyakan adalah apakah benar APD ini bisa melindungi Anda dari bahaya serius? Jawabannya adalah ya, sangat bisa. Kenapa bisa? Karena pelindung kaki ini memang di desain dengan fitur-fitur yang mampu melindungi dari bahaya serius.

    Saat bekerja di industri seperti konstruksi, pertambangan, minyak dan gas, transportasi, ada banyak risiko cedera dan bahaya serius yang terdapat didalamnya. Bahaya-bahaya tersebut dapat diatasi saat Anda menggunakan sepatu pelindung.

    Fitur seperti antistatis, slip resistant, oil resistant, steel toe cap, dan lainnya, adalah fitur yang terdapat pada sepatu untuk melindungi kaki Anda dari cedera serius.

  3. Model Mana yang Terbaik, High, Mid atau Low Cut?

    Pada umumnya, ada 3 model sepatu pelindung yang bisa Anda temukan, yaitu High cut (sepatu boots), mid cut, dan low cut shoes. Bila Anda bertanya, mana diantaranya yang terbaik, maka jawabannya adalah Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan safety di area kerja Anda.

    • Low Cut Shoes

      Low cut shoes atau sepatu dengan potongan rendah seperti ini memiliki ciri tinggi yang tidak lebih dari atau setara mata kaki. Fungsi sepatu safety ini adalah untuk digunakan oleh pekerja di medan kerja yang tidak terlalu ekstrim, seperti di laboratorium, pekerjaan di dapur dan pekerja indoor lainnya.
    • Middle Cut Shoes

      Untuk middle cut shoes, ciri utama sepatu ini adalah memiliki tinggi yang lebih dari mata kaki Anda. Fungsi sepatu safety ini adalah untuk Anda yang bekerja di area seperti pabrik, atau saat Anda hendak berkunjung ke area proyek. Model middle cut shoes biasanya merupakan yang paling laku dan memiliki desain yang paling keren.
    • High Cut Shoes (Sepatu Boots)

      Boot cut shoes atau sepatu dengan potongan model tinggi ini merupakan model yang sangat cocok digunakan di area ekstrim. Model ini memiliki ciri tinggi sepatu hingga betis kaki Anda. Model ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu melindungi Anda melewati area ekstrim seperti lumpur.
      Selain tahan benturan dan tusukan benda tajam, sepatu modle boot cut shoes biasanya akan dilengkapi dengan fitur water resistant. Hal itu bertujuan agar air tidak mudah masuk ke area dalam sepatu, yang akan mengakibatkan sepatu mudah rusak.

    Jadi kesimpulan untuk poin yang satu ini adalah pilihlah yang paling menjawab kebutuhan safety di tempat kerja Anda. Sesuaikan model yang Anda butuhkan dengan faktor risiko yang mungkin Anda temui. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan perlindungan yang maksimal.

  4. Kapan harus ganti sepatu safety?

    Nah, untuk pertanyaan tentang kapan harus ganti sepatu safety, Anda harus melihat dari beberapa faktor. Pada dasarnya, kadaluwarsa sepatu safety adalah sekitar 6 bulan hingga 1,5 tahun. Jika sepatu Anda rusak dalam jangka waktu tersebut, itu adalah hal yang wajar.

    Namun jika sepatu Anda rusak sebelum jangka waktu tersebut, bisa jadi karena kecelakaan kerja, karena medan berat yang dilalui terus menerus, atau memang karena kualitas yang kurang baik.

    Berikut ini adalah faktor kadaluwarsa sepatu safety:

    • Steel Toe Cap Rusak
    • Outsole Licin
    • Outsole Retak
    • Insole "Habis"
    • Mudah Rusak Terkena Benturan atau Tusukan
    • Penurunan Performa Sepatu

    Jika kebanyakan dari faktor tersebut sudah Anda rasakan, maka sudah waktunya Anda membeli sepatu safety yang baru ya, Rangers!

  5. Cara mencuci sepatu

    Sepatu Anda akan lebih awet jika Anda merawat dan menyimpannya dengan baik. Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan cara mencuci sepatu safety Anda.

    Mencuci sepatu mungkin bukan hal yang sulit, namun untuk mencuci sepatu safety, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah 6 langkah mencuci sepatu yang bisa Anda lakukan:

    • Siapkan air dan sabun/shampoo
    • Lepaskan tali sepatu dan insole
    • Sikat permukaan sepatu
    • Cuci dengan air dan sabun/shampoo
    • Bilas dengan air bersih atau lap basah
    • Keringkan sepatu

    Nah, itu dia langkah-langkah mencuci sepatu safety yang bisa Anda ikuti. Ingat, tunggu sampai sepatu Anda benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali. Jika belum benar-benar kering dan sudah Anda gunakan, itu akan menyebabkan jamur dan bakteri semakin mudah berkembang.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top