5 Jenis Outsole Sepatu Safety Untuk Kerja

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
2 months ago
5 Jenis Outsole Sepatu Safety Untuk Kerja

Apakah Anda pernah bingung ketika Anda ingin membeli sepatu safety, melainkan desainnya yang keren, kira-kira fitur sepatu jenis apa ya yang perlu dipertimbangkan? Apakah Anda pernah meragukan dengan jenis outsole sepatu seperti apa yang tepat untuk pekerjaan Anda?  

Pertama-tama Anda perlu menginspeksi terkait lingkungan kerja Anda. Apakah di dalam atau di luar ruangan? Apakah lingkungan Anda di area kering atau basah? Apakah Anda perlu berdiri lama? Dengan lingkungan kerja yang berbeda, jenis outsole sepatu safety seperti apakah yang cocok untuk mendukung keamanan dan kenyamanan Anda.  

Blog ini akan menjelaskan panduan untuk memilih jenis outsole sebagai referensi Anda.  

 

Jenis Outsole Sepatu Safety  

Berikut adalah pilihan bahan yang digunakan sebagai outsole sepatu safety: PVC, PU, TPU/PU, PU/Rubber dan Nitrile. 

  1. TPU
    TPU adalah singkatan dari thermoplastic polyurethane. Jenis outsole ini sering digunakan sebagai bahan sepatu safety karena sifat elastisitas, durabilitas dan ramah lingkungan. Selain itu, bahan TPU sangat mudah untuk dilekatkan kepada sepatu.

  2. PU/PU

    Double density PU outsole adalah jenis outsole yang baik untuk tahan terhadap bahan kimia kecuali asam kuat. Ketahanan suhunya berkisar dari -10 hingga 150. PU memiliki sifat anti-statis dan memiliki daya cengkram yang baik supaya slip resistant. Selain itu , PU bisa menyerap benturan dan nyaman ketika digunakan.  

  3. TPU/PU  

    Jenis outsole sepatu ini terbuat dari 2 bahan yang berbeda. Lapisan pertama dari outsole terbuat dari PU sedangkan lapisan keduanya (yang paling luar) terbuat dari TPU. TPU adalah thermoplastic urethane. Jenis outsole ini menawarkan fitur anti-statis, slip resistant, tahan terhadap benturan kuat, dan menawarkan daya cengkram yang baik. 

    Selain itu, jenis outsole ini tidak mudah rusak dan memberikan perlindungan yang baik pada suhu dingin hingga -20. Namun, outsole ini tidak terlalu tahan terhadap panas sehingga tidak direkomendasikan untuk pekerjaan pada lingkungan yang terlalu panas. Jenis ini lebih direkomendasikan untuk pekerjaan dalam/luar ruangan dan saat cuaca dingin. 

  4. PU/Rubber

    PU/Rubber memiliki karakteristik yang ringan. Apabila tersertifikasi HRO, Outsole ini cocok untuk pekerjaan dalam/luar ruangan, berkontak dengan zat hidrokarbon, bahan kimia, asam dan permukaan panas.

  5. Nitrile

    Seperti jenis outsole PU/PU dan PU/TPU, outsole nitrile tahan terhadap abrasi, slip resistant dan anti statis. Namun yang membuat outsole ini berbeda adalah,  nitrile memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi hingga 300. Sehingga, jenis outsole nitrile cocok digunakan pada lingkungan yang terpapar suhu tinggi.  

 

Pemilihan jenis outsole sepatu adalah salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Untuk pekerjaan konstruksi,  sepatu safety ranger bisa jadi teman aman Anda. Outsole kami terbuat dari PU/TPU yang cocok digunakan untuk kerjaan berat. Karena TPU adalah jenis elastomer yang terbaik, maka dari itu pilihlah safety ranger.  Stay safe Ranger! 

Baca juga blog kami tentang perbedaan PU dan TPU  


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top