5 Cara Ampuh Mencegah Kaki Lecet Karena Sepatu Baru

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
12 months ago
5 Cara Ampuh Mencegah Kaki Lecet Karena Sepatu Baru

Sepatu baru yang membuat kaki lecet dan sakit saat digunakan bukanlah hal yang mengherankan. Ada banyak kejadian kaki lecet karena menggunakan sepatu baru. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Lalu, mengapa sepatu baru bisa menyebabkan kaki lecet? Bagaimana cara mencegah kaki lecet karena sepatu baru dan bagaimana cara mengobatinya? Baca ulasan selengkapnya di artikel ini.

Kenapa Sepatu Baru Bisa Bikin Kaki Lecet?

Dalam kebanyakan kasus, penyebab kaki lecet saat menggunakan sepatu baru adalah gesekan dengan sisi dalam sepatu yang terjadi terus menerus. Gesekan tersebut lama kelamaan membuat kulit kaki Anda memerah dan akhirnya lecet.

Sebagian besar sepatu baru juga memiliki material yang masih kaku dan belum lentur, sehingga dapat menekan kaki Anda pada bagian tertentu. Tekanan ini yang pada akhirnya membuat kaki lecet jika Anda menggunakan sepatu tersebut dalam waktu lama.

Selain itu, sepatu baru biasanya masih sangat rapat dan sempit, sehingga jari-jari kaki Anda terjepit atau bersentuhan dengan bagian dalam sepatu yang kasar. Hal ini dapat menyebabkan lecet, bintik-bintik merah, hingga pembengkakan pada kaki.

Cara Mencegah Kaki Lecet

Jika kaki Anda lecet, tentu rasanya sangat tidak nyaman. Setiap langkah yang Anda ambil akan terasa sangat menyakitkan. Namun tenang saja, hal tersebut dapat dicegah dengan beberapa cara. Berikut ini kami rangkum 5 cara mencegah kaki lecet karena sepatu baru:

  1. Pilih Sepatu yang Pas dan Nyaman Dipakai

    Memilih sepatu yang pas sangat penting untuk menghindari kaki lecet. Pastikan ukuran sepatu yang dipilih sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki Anda. Alasan lain mengapa Anda harus memilih sepatu yang pas adalah agar sepatu tersebut lebih nyaman untuk digunakan.
  2. Gunakan Teknik Memakai Sepatu Baru yang Benar

    Saat memakai sepatu baru, jangan langsung memakainya dalam waktu yang lama. Anda bisa memakainya dalam waktu yang singkat terlebih dahulu, kemudian baru memperpanjang waktunya setiap harinya. Anda harus mempercepat proses break-in sepatu agar sepatu Anda lebih nyaman untuk digunakan.
  3. Gunakan Kaos Kaki

    Satu hal yang krusial dan umumnya menyebabkan luka lecet pada kaki adalah saat Anda memakai sepatu tanpa menggunakan kaos kaki. Anda bisa menggunakan kaos kaki tipis jika menggunakan sepatu casual, atau kaos kaki tebal jika menggunakan sepatu kerja atau sepatu safety.
  4. Perhatikan Jenis Sepatu

    Pilih jenis sepatu yang tepat untuk aktivitas tertentu. Misalnya, jika Anda ingin berjalan-jalan, gunakan sepatu sneakers yang nyaman dan empuk. Jika ingin berolahraga, gunakan sepatu yang didesain khusus untuk olahraga.
  5. Gunakan Plester Kaki

    Cara yang terakhir adalah Anda bisa menggunakan pleseter kaki di area yang sering atau rawan terkena gesekan. Area belakang tumit adalah area paling rawan terkena luka lecet. Gunakan pleseter pada area tersebut untuk mencegah lecet.

Cara Mengobati Kaki Lecet Karena Sepatu Baru

Jika kaki Anda sudah lecet akibat pemakaian sepatu baru, berikut adalah cara mengobatinya:

  1. Rendam Kaki dalam Air Hangat

    Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10-15 menit. Hal ini dapat membantu meredakan rasa sakit pada kaki dan meningkatkan sirkulasi darah pada area yang terluka. Lakukan ini sebagai pertolongan pertama setelah terjadi cedera.
  2. Gunakan Krim atau Salep

    Jika lecet pada kaki terasa sakit dan membengkak, gunakan krim atau salep untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Anda bisa menyiapkan krim atau salep jika tahu bahwa sepatu Anda mungkin dapat menyebabkan lecet.
  3. Oleskan Madu atau Lidah Buaya

    Salah satu cara untuk mengobati luka lecet karena menggunakan sepatu safety adalah dengan mengoleskan madu atau lidah buaya. Madu atau lidah buaya berfungsi untuk mengurangi iritasi dan mempercepat penyembuhan akibat luka lecet.
  4. Istirahatkan Kaki

    Istirahatkan kaki Anda selama beberapa hari dan hindari menggunakan sepatu yang membuat kaki terasa tidak nyaman. Jika harus beraktivitas, gunakan sepatu yang empuk dan nyaman.
  5. Kompres dengan Es

    Jika kaki Anda membengkak akibat lecet, gunakan es untuk mengompresnya. Kompres dengan es dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi pembengkakan pada kaki. Opsi ini adalah opsi lain yang bisa digunakan sebagai alternatif merendam kaki di air hangat.

Nah, itu dia cara mengobati kaki lecet karena sepatu baru. Jadi, jangan khawatir jika kaki Anda lecet karena ada banyak cara untuk mengobatinya. Namun, pastikan Anda tetap mengikuti rekomendasi cara mencegahnya terlebih dahulu agar tidak perlu sampai lecet.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top