4 Perbedaan Utama Steel Midsole dan Kevlar Midsole

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
3 months ago
4 Perbedaan Utama Steel Midsole dan Kevlar Midsole

Saat membahas alas kaki keselamatan, dua komponen terpenting adalah midsole. Terdapat dua jenis midsole sepatu safety yang Anda bisa temukan di pasaran yaitu kevlar midsole dan steel midsole. Kedua jenis ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melindungi benda tajam menusuk melalui bagian bahwa sepatu safety Anda. Mari kita ketahui perbedaan antara steel midsole dan kevlar midsole di dalam blog ini.

Apa itu Steel Midsole?

Steel midsole terbuat dari baja, midsole ini sangat efektif melindungi kaki dari bahaya seperti paku, pecahan kaca, dan benda tajam lainnya yang mungkin ditemui di lingkungan industri atau konstruksi.

Pelat baja diposisikan di antara insole sepatu dan outsole sepatu safety, memberikan penghalang benja tajam menusuk ke kaki pekerja. Meskipun menawarkan perlindungan yang kuat, steel midsole dapat menambah bobot pada alas kaki, membuatnya sedikit kurang fleksibel dibandingkan Kevlar. Namun, kekuatan dan daya tahannya menjadikannya pilihan utama di lingkungan kerja berisiko tinggi.

Apa itu Kevlar Midsole?

Sepatu safety dengan kevlar midsole memiliki kegunaan yang sama seperti steel midsole tetapi menggunakan bahan yang berbeda yaitu serat sintetis kuat. Bahan ini mirip seperti steel midsole tetapi jauh lebih ringan.

Midsole ini menawarkan perlindungan unggul terhadap tusukan dan benda tajam, fitur penting untuk Anda yang bekerja di lingkungan yang memiliki risiko tinggi cedera kaki. Selain itu, kevlar midsole juga sering dikombinasikan dengan fitur pelindung lainnya seperti steel toe cap, sehingga semakin meningkatkan keamanan alas kaki secara keseluruhan.

Perbedaan Utama Steel Midsole dan Kevlar Midsole?

  1. Berat

    Perbedaan pertama antara midsole steel dan kevlar adalah beratnya. Salah satu keunggulan utama kevlar adalah lebih ringan dari steel. Hal ini membuat sepatu safety dengan kevlar lebih nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama, terutama pada pekerjaan yang memerlukan banyak berjalan atau berdiri.

  2. Fleksibilitas

    Perbedaan kedua, sepatu safety dengan kevlar midsole menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dibandingkan steel midsole. Fleksibilitas ini dapat meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan dan kesesuaian ergonomis pada sepatu, menjadikannya pilihan utama bagi pekerja yang membutuhkan perlindungan beserta banyak pergerakan.

    Tetapi, kekakuan dari steel midsole ini dapat bermanfaat dalam lingkungan kerja tertentu karena bisa membuat Anda lebih stabil ketika bekerja pada permukaan yang tidak rata.

  3. Metal Detector

    Perbedaan selanjutnya adalah ketika Anda menggunakan sepatu safety dengan midsole kevlar, ini tidak akan membuat metal detector berbunyi, berbeda dengan steel midsole yang akan membuat metal detector berbunyi. Ini sangat penting jika Anda ingin menggunakan sepatu safety di bandara, hotel, atau tempat lain dengan keamanan yang tinggi.

  4. Harga

    Perbedaan utama terakhir adalah mengenai harga. Steel midsole memiliki harga yang lebihnurah  daripada harga sepatu safety menggunakan midsole kevlar. Dengan harga kevlar yang lebih mahal, ini tidak menjamin bahwa steel midsole tidak menjadi pilihan Anda saat mempertimbangkan membeli atau menggunakan sepatu.

Untuk kesimpulan, sepatu safety dengan steel midsole dan kevlar midsole memiliki perlindungan keselamatan yang sama terhadap potensi bahaya. Mayoritas sepatu safety di Indoensia lebih dominan dengan menggunakan steel midsole karena sudah dikenal oleh perusahaan dan pekerja.

Hal ini dikarenakan pekerja memiliki tingkat rasa percaya diri yang lebih tinggi ketika menggunakan sepatu dengan midsole steel karena sepatu tersebut terbuat dari baja dibandingkan dengan menggunakan kevlar yang tidak terbuat dari baja.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top