4 Cara Mengatasi Kaki Keram Saat Memakai Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
6 months ago
4 Cara Mengatasi Kaki Keram Saat Memakai Sepatu Safety

Kaki keram adalah kontraksi otot yang menyakitkan dan tidak disengaja namun dapat berlangsung selama beberapa detik atau menit. Umumnya, penyebab kaki keram itu tidak pasti karena banyak faktor pemicu keram pada kaki. Namun, terdapat beberpaa cara mengatasi kaki keram dengan mudah lho...  

Memilih safety shoes yang tepat juga memiliki dampak kepada kenyamanan pekerja. Apabila safety shoes yang digunakan memiliki ukuran yang lebih kecil, hal ini dapat menyebabkan kaki keram. Untungnya, blog ini bisa menjelaskan cara mengatasi kaki keram untuk para pekerja industri diluar sana. Yuk baca lebih lanjut 

 

Apa Saja Penyebab Kaki Keram?

Keram kaki terasa seperti otot yang mengepal dan berkontraksi menjadi simpul. Hal ini bisa sangat tidak nyaman, menyakitkan atau bahkan tak tertahankan. Otot Anda di area tersebut mungkin terasa sakit selama berjam-jam setelah keramnya hilang. Beberapa keram kaki terjadi tanpa alasan yang diketahui (keram idiopatik). Namun terdapat penyebab keram kaki ini antara lain:  

  • Pelepasan saraf yang tidak disengaja  

  • Sebagian otot kaki Anda tidak mendapatkan cukup darah  

  • Stres 

  • Menekankan terlalu banyak melakukan kegiatan seperti ohlaraga atau kerja lapangan dengan intensitas tinggi.  

4 Cara Mengatasi Kaki Keram  

Keram otot dapat terjadi setelah otot bekerja terlalu keras dan kehilangan cairan tubuh melalui keringat. Hal ini juga dapat dikarenakan mempertahankan posisi dalam waktu lama. Berikut merupakan berbagai cara mengatasi kaki keram ketika memakai safety shoes: 

  1. Menggunakan Ukuran Safety Shoes Yang Tepat

    Pastikan Anda memiliki sepatu safety yang tepat untuk digunakan saat bekerja di lapangan. Mengenakan safety shoes yang pas akan memberikan dukungan untuk mencegah kaki keram. Kunjungi toko Safety Ranger untuk menentukan jenis safety shoes yang pas dengan jenis kaki Anda. Dalam rentang waktu 6-12 bulan, berahlih secara perlahan ke safety shoes baru jika sepatu tersebut sangat berbeda dengan jenis sepatu safety yang lama.  
  1. Melakukan Stretching Sebelum Melakukan Pekerjaan Berat

    Luruskan kaki Anda lalu tekuk, tarik jari-jari kaki kearah tulang kering untuk merenggangkan otot. Reggangkan otot yang keram, lalu gosok perlahan. Apabila keramnya terjadi pada bagian paha, kaki tersebut dapat ditarik ke arah belakang.  
  1. Rutin Ohlaraga

    Gabungkan Latihan otot, seperti squatdan Latihan jinjit kedalam rutinitas Latihan Anda untuk memperkuat otot kaki dan mencegah keram pada kaki.  
  1. Memberikan Tubuh Anda Untuk Beristirahat 

    Berikan waktu pada tubuh Anda untuk pulih dengan mengambil hari istirahat bila diperlukan. Pekerjaan berat pada industri proyek yang dilakukan berulang-ulang dapat menyebabkan cedera dan kelelahan. Oleh karena itu, jadwal pekerja industri wajib mencakup hari istirahat. 

 

Bekerja pada lingkungan dan kondisi ekstrim tentu melelahkan. Maka dari itu, memilih ukuran sepatu safety yang benar akan menjadi salah satu faktor yang penting untuk mencegah keram pada kaki. Apabila keram terjadi, blog kami siap menyediakan informasi cara mengatasi kaki keram. Jangan lupa untuk lihat katalog kami untuk informasi safety shoes yang cocok untuk Anda, Stay safe Rangers! 


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top