3 Tips Menghilangkan Jamur pada Sepatu Safety

Avatar
Author
Elizabeth Sarah
Safety Shoes
10 months ago
3 Tips Menghilangkan Jamur pada Sepatu Safety

Pernahkah Anda memeriksa sepatu safety Anda dan menemukan banyak jamur? Ini bisa disebabkan oleh terlalu lama berada di tempat lembap dan Anda sudah jarang tidak menggunakannya lagi. Sepatu yang memiliki banyak jamur bisa membuat material sepatu rusak. Jadi, sangat disarankan untuk sering menggunakan sepatu Anda untuk menghindari jamur. Namun sepatu yang sering digunakan juga tidak menjamin sepatu tidak berjamur. Nah, Di dalam blog ini, kami akan mejelaskan beberapa tips untuk cara menghilangkan jamur pada sepatu safety Anda.

Cara Menghilangkan Jamur pada Sepatu Safety

Sepatu safety adalah salah satu APD penting bagi pekerja yang bekerja di lingkungan berbahaya, namun dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur jika tidak dirawat dengan baik. Ada beberapa cara menghilangkan jamur pada sepatu safety seperti:

  1. Mulailah dengan Pencegahan

    Tips pertama adalah pencegehan, Anda harus mulai dari mencegah jamur ada di sepatu safety. Dengan dilakukannya pencegahan, maka akan lebih mudah daripada menghilangkannya. Berikut adalah beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan:

    • Pembersihan Rutin
      Yang harus dilakukan pertama untuk pencegahan adalah bersihkan sepatu safety Anda ketika kotor, atau 2 minggu sekali jika tidak dipakai. Dengan dilakukanya pembersihan sepatu safety secara rutin, maka sepatu akan terhindar dari jamur. Untuk mengetahui cara mencuci sepatu Anda bisa cek disini.

    • Pengeringan yang Benar
      Setelah Anda mencuci sepatu safety, pastikan sepatu safety Anda benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya. Lepaskan insole sepatu dan tali untuk mempercepat pengeringan sepatu.

      Jika Anda menggunakan sepatu safety basah, maka inilah yang akan membuat sepatu Anda berjamur. Untuk beberapa cara untuk mengeringkan sepatu dengan cepat, Anda bisa cek disini.

    • Gunakan Silica Gel
      Setelah sudah di cuci dan di keringkan, selanjutnya Anda bisa memasukan silica gel kedalam sepatu Anda. Silica gel berfungsi untuk menyerap kelembapan dan bau pada sepatu safety. Silica gel ini juga akan menghambat munculnya jamur di sepatu safety karena tidak lembap.

     

  2. Gunakan Sikat lembut atau Kain Lap

    Tips yang kedua, jika Anda memiliki sikat berbulu lembut, Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan jamur. Cukup dengan menyikat bagian yang ada jamur dan lap menggunakan air sepatu Anda.  Penting untuk diingat bahwa sikat yang digunakan berbulu halus karena jika menggunakan sikat keras akan merusak kulit sepatu.

  3. Gunakan Cuka putih

    Tips yang terakhir adalah menggunakan cuka putih. Sepatu berjamur juga mudah dihilangkan dengan cuka putih karena cuka memiliki banyak rasa asam di dalamnya. Hal ini dapat membantu mengatasi jamur pada sepatu safety Anda terutama pada bagian kulit.

    Masukkan cuka ke dalam botol semprot, kemudian Anda bisa menyemprot seluruh bagian sepatu yang berjamur dengan cairan cuka dan Anda juga harus menunggu hingga hari berikutnya.

Untuk kesimpulan, jamur pada sepatu tidak hanya membuat sepatu akan rusak tetapi juga membuat sepatu tidak dalam fungsi terbaik. Dengan mengikuti tips cara menhilangkan jamur pada sepatu safety ini, Anda dapat menghilangkan jamur dari sepatu Anda secara efektif dan memperpanjang umurnya.

Perlu diingat, pembersihan rutin, pengeringan yang benar, dan penggunaan silica gel adalah kunci untuk menjaga sepatu Anda bebas jamur.


 
Share this post

Comments

Leave a Comment

Please, enter your name.
Please, provide a valid email address.
Please, enter your comment.
Top